Nama : Imelda Muliawati (24213334)
Yessi Wilda (29213697)
Eko Wahyu (22213845)
Kelas : 1EB22
TUGAS PENGANTAR
BISNIS MINGGU 6.
- JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
- BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
3. JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL
BAURAN PROMOSI
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM
PEMASARAN
1.
Pasar adalah salah satu dari berbagai
sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan
infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat
pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari
perekonomian.
Pemasaran adalah (bahasa Inggris:
marketing) adalah proses penyusunan komunikasi
terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya
dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
2.
Contoh jenis Pasar Industri:
a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
Contoh jenis pasar penjual
:
a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
3.
Konsep marketing 4p adalah
product, price, place, promotion. Contoh barang yang
dapat di pasarkan yakni Sepatu. Kita dapat memasarkan dan mengiklankan nya
menggunakan media sosial, website, atau media lain nya. Dengan membuat iklan
produk yang kita ingin pasarkan secara menarik dan sebagus mungkin, akan
membuat konsumen tertarik untuk membeli nya. Selain itu, iklan produk juga
menampilkan harga barang dan jenis barangnya. Harga barang yang terjangkau oleh
konsumen serta produk juga berkualitas. Untuk promosi, kita dapat meberikan discount produk, atau dengan memberikan servis gratis
ongkos kirim agar konsumen lebih tertarik untuk membeli. Selain itu Toko online
juga mempunyai mitra-mitra dan jasa pengiriman terpercaya. Mitra-mitra tersebut
dapat dikaitkan dengan place atau distributor.
Seperti di sebuah situs website , dengan menampilkan model produk
yang di tawarkan serta dengan menggratiskan ongkos kirim dan juga memberikan
jaminan garansi.
Merupakan salah satu bentuk promosi untuk menarik minat pembeli.
4.
Bauran Promosi atau
Bauran Pemasaran adalah suatu kombinasi starategi yang paling baik dari
variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain,
yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Berikut adalah 4 Variabel
Bauran Promosi:
a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Variabel-variabel
bauran pemasaran tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di
pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat
disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.
5.
Alternatif dari Sistem
Pemasaran:
Memaksimumkan komsumsi.
Memaksimumkan kepuasan konsumen.
Memaksimumkan mutu hidup.
Memaksimumkan pilihan.
Pendekatan
serba fungsi.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar