Stop being afraid of what could go wrong, and start being positive about what could go right

Rabu, 20 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis #Softskill minggu 6


Nama : Imelda Muliawati (24213334)
             Yessi Wilda           (29213697)
             Eko Wahyu            (22213845)
Kelas : 1EB22


TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU 6. 

  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
  2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
     3.    JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )  
     4.    SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
     5.    SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN


1.      Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.

Pemasaran adalah (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.


2.      Contoh jenis Pasar Industri:
a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.

Contoh jenis pasar penjual :
a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.

3.      Konsep marketing 4p adalah product, price, place, promotion. Contoh barang yang dapat di pasarkan yakni Sepatu. Kita dapat memasarkan dan mengiklankan nya menggunakan media sosial, website, atau media lain nya. Dengan membuat iklan produk yang kita ingin pasarkan secara menarik dan sebagus mungkin, akan membuat konsumen tertarik untuk membeli nya. Selain itu, iklan produk juga menampilkan harga barang dan jenis barangnya. Harga barang yang terjangkau oleh konsumen serta produk juga berkualitas. Untuk promosi, kita dapat meberikan discount produk, atau dengan memberikan servis gratis ongkos kirim agar konsumen lebih tertarik untuk membeli. Selain itu Toko online juga mempunyai mitra-mitra dan jasa pengiriman terpercaya. Mitra-mitra tersebut dapat dikaitkan dengan place atau distributor.
Seperti di sebuah situs website , dengan menampilkan model produk yang di tawarkan serta dengan menggratiskan ongkos kirim dan juga memberikan jaminan garansi.
Merupakan salah satu bentuk promosi untuk menarik minat pembeli.

4.      Bauran Promosi atau Bauran Pemasaran adalah suatu kombinasi starategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Berikut adalah 4 Variabel Bauran Promosi:
a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.

5.      Alternatif dari Sistem Pemasaran:
Memaksimumkan komsumsi.
Memaksimumkan kepuasan konsumen.
Memaksimumkan mutu hidup.
Memaksimumkan pilihan.
Pendekatan serba fungsi.





Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar